Menghadirkan Perhatian Orang Lain Dimulai Dengan Mengganti Fokus Aku Menjadi Anda

Sebuah Perusahaan telephone di Amerika telah melakukan penelitian untuk mengetahui kata yang paling sering digunakan dalam pembicaraan di telphon. Dan hasilnya adalah kata yang paling sering digunakan dan diulangi adalah kata ganti “aku”. Kata ganti “aku” digunakan sebanyak 3.990 kali dalam 500 pembicaraan telephone. Jika anda tidak percaya, jawablah pertanyaan berikut, “ketika anda melihat foto bersma dan Anda ada di antara mereka, maka pertama kali pandangan anda tertuju kepada siapa?”.

Mengapa orang lain memberikan perhatian kepada anda sementara anda tidak memberikan perhatian kepada mereka lebih dahulu? Bagaimana anda bisa menarik pandangan orang lain kepada anda. Sedangkan anda tidak mengarakan pandangan anda kepada mereka terlebih dahulu?

Psikiater terkenal, Deill Karneigi, menambahkan, “Melalui sebuah eksperimen, saya mendapatkan bahwa manusia memiliki kemampuan mendapatkan perhatian orang yang lebih tinggi kedudukan dan lebih mulia derajatnya, jika dia mau menampakkan perhatian kepada mereka. Mari saya tunjukan hal ini kepada anda! Sejak beberapa tahun yang lalu, saya mempelajari seni menulis cerita di institut sastra dan sains di Broklyn. Kami, para siswa, ingin menghadirkan penulis-penulis terkenal. Kami tahu mereka hanya memiliki waktu luang yang sedikit. Waktu kami menulis surat kepada mereka, menerangkan kekaguman kami terhadap hasil karya mereka dan menyatakan ketertarikan kami terhadap novel-novel mereka. Kami sangat berharap bisa mendengar nasihat-nasihat mereka yang sangat berharga dan mengajarkan kepada kami rahasia-rahasia kesuksesan mereka.

Surat ini ditandatangani lebih dari seratus lima puluh siswa. Kami tidak lupa menyebutkan dalam surat tersebut bahwa kami menyadari kesibukan mereka, barangkali mereka tidak bisa memenuhi undangan kami. Untuk itu, kami sertakan dalam surat tersebut pertanyaan-pertanyaan dari setiap siswa menyangkut kehidupan pribadi masing-masing dan gaya penulisan mereka. Kami berharap mendapatkan jawaban pertanyan-pertanyaan tersebut. Tahukan anda apa tanggapan mereka? Ternyata penulis terkenal tersebut rela meninggalkan kesibukan mereka dan turun dari istana gading menuju ke Broklyn untuk memenuhi undangan kami.”

Hilton pemilik perusahaan Hilton yang bergerak di bidang perhotelan dengan hotel-hotelnya yang megah tersebut di kota-kota besar di dunia, menyadari pentingnya memberikan perhatian secara pribadi kepada orang lain. Karena itu, di seluruh hotel miliknya ada aturan khusus, yaitu setiap wanita yang memesan sarapan pagi untuk diantar ke kamarnya, maka sarapan tersebut akan diantar dengan disertai sekuntum bunga.

Referensi
1. Kaifa Taksibu Al-Ashdiqa “Wa Tu’atsiru An-Nisa? Karya Deill Karneigi Hal 56
2. Alimu Anfusakum fan Al-Hayah, Karya Muhammad Ratib Al-Hallaq, Hal 11

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*