Siapa Bilang Kimia Itu Sulit?

Hai saintis muda Indonesia, Apakah kalian sudah tahu apa itu kimia ?
Sebagai awal dari topik pembahasan ini, maka kita perlu tahu apa sih kimia itu ?

Sebenarnya banyak sekali pengertian ilmu kimia tersebut yang ditafsirkan oleh para ahli, akan tetapi secara garis besar konteks dari penafsirannya sama saja, yaitu ilmu yang mempelajari tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi di alam, lebih spesifiknya lagi mempelajari tentang materi dan perubahan yang menyertainya.

Entah kenapa, bila mendengar kata kimia kita langsung memberi kesan menakutkan, mengerikan, dan langsung membayangkan berbagai peristiwa yang ada kaitannya dengan kimia, seperti senjata kimia, bahan kimia berbahaya, ledakan kimia, bom atom, bom nuklir, dan lain-lain. Namun, apakah seperti itu sebenarnya kimia. Tentu saja tidak, untuk membuat suatu pemahaman mari kita buat suatu anggapan pemikiran yang mudah untuk dipahami bersama. Kimia itu sama mudahnya dengan ilmu-ilmu lainnya yang latar belakang materinya berseberangan seperti ekonomi, geografi, teknologi dan ilmu-ilmu lainnya. Mari kita ambil kesimpulan diatas dengan suatu kasus untuk memecahkan masalahnya.

Ketika kita bisa memahami suatu ilmu seperti ilmu teknologi maka pasti ada suatu usaha dalam memahami ilmu teknologi tersebut, entah itu dengan membaca teori, belajar dan berlatih dengan mempraktekannya. Sama halnya dengan kimia, jika kita mau berusaha untuk terus berlatih, belajar dan mengasah otak kita maka tidak ada yang sulit untuk menguasainya, tidak ada kata bodoh jika kita mau belajar, tapi jika kita tidak mau belajar maka kita akan merasakan suatu kehampaan ruang. Ada suatu kutipan dari Imam Syafi’i, beliau mengatakan “Jika Kamu tidak dapat menahan lelahnya belajar, Maka kamu harus sanggup menahan perihnya Kebodohan”.  Oleh karena itu teruslah belajar menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita kalian yang paling tinggi. Tanamkan pada diri kita bahwa dengan ilmu kita bisa membuka pintu cakrawala dunia dan akhirat. Tanamkan pada diri kita bahwa tidak ada batasan untuk menuntut ilmu dan yakin bahwa kita bisa untuk menguasai ilmu Kimia.

Referensi
1. kitab Kaifa Turabbi Waladan Shalihan (Begini Seharusnya Mendidik Anak), Al-Maghrbi bin As-Said Al-Maghribi, Darul Haq.
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia. Diakses pada tanggal 27 April 2017 pukul 17.25

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*