Hubungan Minuman ringan, soda dan Penyakit

Kita sudah biasa mendengar tentang bahanya minuman ringan, tapi kita tidak mendapatkan penjelasan dari penelitian secara merinci. Pada kesempatan kali ini saya mencoba memaparkan dari berbagai sumber buku yang ada dan hasil penelitian tentang hubungan minuman bersoda dan penyakit, semoga bermanfaat. Minuman ringan adalah minuman pilihan bagi jutaan orang di dunia, tapi minuman manis ini meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kronis lainnya.

• Orang yang mengkonsumsi minuman manis secara teratur-1 sampai 2 kaleng sehari atau lebih-memiliki risiko 26% lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang jarang mengkomsumsi minuman tersebut.
• Sebuah studi yang diikuti 40.000 orang selama dua dekade menemukan bahwa mereka yang rata-rata satu kaleng minuman manis per hari memiliki risiko 20% lebih tinggi mengalami serangan jantung atau meninggal akibat serangan jantung dibandingkan pria yang jarang mengkonsumsi minuman manis. Sebuah studi yang terkait pada wanita menemukan gula hubungan yang sama penyakit minuman-hati.
• Sebuah studi 22-tahun-panjang 80.000 wanita menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi bisa seharian minuman manis memiliki risiko 75% lebih tinggi dari asam urat dibandingkan perempuan yang jarang mengkomsumsi minuman tersebut. Penelitian itu menemukan risiko yang sama-tinggi pada wanita.
• Dr Frank Hu, Profesor Nutrisi dan Epidemiologi di Harvard School of Public Health, baru-baru ini membuat kasus yang kuat bahwa ada bukti ilmiah yang cukup bahwa mengurangi konsumsi minuman bergula akan mengurangi prevalensi obesitas dan penyakit terkait obesitas.

Minuman ringan dan diabetes

Bukti kuat menunjukkan bahwa gula pada minuman ringan memberikan kontribusi terhadap perkembangan diabetes. The Nurses’ Health Study menjelaskan hubungan ini dengan mengikuti kesehatan lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun. Para perawat yang mengatakan mereka memiliki satu atau lebih porsi gula sehari dari minuman ringan atau buah dua kali lebih, mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 selama studi dibandingkan mereka yang jarang mengkomsumsi minuman ini. Pelajari lebih lanjut tentang diabetes. Peningkatan serupa dalam risiko diabetes dengan meningkatkan minum dan minuman buah yang manis, konsumsi terlihat baru-baru ini di Black Perempuan Health Study, sebuah studi jangka panjang yang berkelanjutan hampir 60.000 perempuan Afrika-Amerika dari semua bagian dari Amerika Serikat. Menariknya, peningkatan risiko dengan minuman ringan itu terkait erat dengan peningkatan berat badan.Di Framingham Heart Study, pria dan wanita yang memiliki satu atau lebih minuman ringan sehari 25 persen lebih mungkin untuk mengembangkan kesulitan mengelola gula darah dan hampir 50 persen lebih mungkin mengembangkan sindrom metabolik.

Minuman ringan dan penyakit jantung

The Nurses’ Health Study, yang melacak kesehatan hampir 90.000 wanita lebih dari dua dekade, menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari dua porsi minuman manis setiap hari memiliki risiko 40 persen lebih tinggi dari serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung dibandingkan wanita yang jarang minum minuman manis. Orang yang banyak mengkomsumsi minuman manis cenderung mendapatkan berat badan dan makan sehat lebih sedikit daripada orang yang tidak minum minuman manis, dan relawan di Studi Nurses’ Health tidak terkecuali menjadi subjek penelitian. Tapi peneliti memperhitungkan perbedaan kualitas diet, asupan energi, dan berat antara relawan penelitian. Mereka menemukan bahwa memiliki diet sehat, atau berada di berat badan yang sehat, hanya sedikit berkurang risiko yang terkait dengan minum minuman manis ini. Efek samping dari beban glikemik tinggi dari minuman ini pada glukosa darah, pecahan kolesterol, dan faktor-faktor inflamasi mungkin juga berkontribusi terhadap risiko lebih tinggi penyakit jantung.

Minuman ringan dan tulang

• Soda dapat menimbulkan tantangan unik untuk kesehatan tulang.
• Soda mengandung tingkat tinggi fosfat.
• Mengkonsumsi lebih fosfat dari kalsium dapat memiliki efek merusak pada kesehatan tulang.
• Mendapatkan cukup kalsium sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja, ketika tulang sedang dibangun.
• Minuman ringan umumnya tanpa kalsium dan nutrisi sehat lainnya, namun ironinya minuman ringan ini secara aktif dipasarkan untuk kelompok usia muda.
• Susu merupakan sumber kalsium yang baik dan protein, dan juga menyediakan vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan zat gizi mikro lainnya.
• Ada pola terbalik antara konsumsi minuman ringan dan konsumsi susu-ketika satu naik, yang lain turun.

5 tips Cepat: Membangun tulang yang kuat

1. Tidak hanya Susu sebagai sumber kalsium.
Anda bisa mendapatkan kalsium dari sumber selain produk susu. makanan non-susu yang kaya kalsium termasuk sayuran berdaun hijau dan brokoli, yang keduanya juga merupakan sumber besar vitamin K, nutrisi kunci lain untuk kesehatan tulang. Kacang dan tahu juga dapat menyediakan kalsium.

2. komsumsi juga vitamin D
Vitamin D memainkan peran kunci bersama dengan kalsium dalam meningkatkan kesehatan tulang. Mencari multivitamin yang memasok 1.000 IU vitamin D per hari. Jika Anda hanya memiliki 400 IU vitamin D, mempertimbangkan untuk mengambil suplemen tambahan untuk Anda hingga 1.000 IU atau 2.000 IU per hari. Beberapa orang mungkin perlu 3.000 atau 4.000 IU per hari untuk kadar darah yang memadai, particular.

3. Beraktifitaslah.
Olahraga teratur, terutama latihan menahan beban seperti berjalan atau jogging, merupakan bagian penting dari membangun dan memelihara tulang yang kuat.

4. Hati-hati kalau mendapatkan terlalu banyak retinol (vitamin A).
Jangan terlalu bebas dalam memilih susu pada energi baru, dan sereal sarapan, yang semuanya bisa memiliki vitamin A tinggi. Banyak pembuat multivitamin telah menghilangkan banyak atau semua retinol dan menggantinya dengan beta-karoten, yang tidak membahayakan tulang.

5. Membantu anak-anak Anda membangun tulang yang kuat.
Pemuda dan remaja adalah periode ketika tulang membangun kekuatan puncak mereka. Membantu pemuda memimpin tulang-sehat gaya hidup dengan berolahraga, kalsium yang cukup, dan vitamin D yang cukup-dapat membantu mereka menjaga tulang yang kuat melalui semua masa dewasa mereka.

Referensi
41. Vartanian LR, Schwartz MB, Brownell KD. Effects of soft drink consumption on nutrition and health: a systematic review and meta-analysis. Am J Public Health. 2007;97:667-75.
46. Malik VS, Popkin BM, Bray GA, Despres JP, Willett WC, Hu FB. Sugar-sweetened beverages and risk of metabolic syndrome and type 2 diabetes: a meta-analysis. Diabetes Care. 2010;33:2477-83.
47. de Koning L, Malik VS, Kellogg MD, Rimm EB, Willett WC, Hu FB. Sweetened beverage consumption, incident coronary heart disease, and biomarkers of risk in men. Circulation. 2012;125:1735-41, S1.
48. Fung TT, Malik V, Rexrode KM, Manson JE, Willett WC, Hu FB. Sweetened beverage consumption and risk of coronary heart disease in women. Am J Clin Nutr. 2009;89:1037-42.
49. Choi HK, Willett W, Curhan G. Fructose-rich beverages and risk of gout in women. JAMA. 2010;304:2270-8.
50. Choi HK, Curhan G. Soft drinks, fructose consumption, and the risk of gout in men: prospective cohort study. BMJ. 2008;336:309-12.
51. Hu FB. Resolved: there is sufficient scientific evidence that decreasing sugar-sweetened beverage consumption will reduce the prevalence of obesity and obesity-related diseases. Obes Rev. 2013;14:606-19.
52. Schulze MB, Manson JE, Ludwig DS, et al. Sugar-sweetened beverages, weight gain, and incidence of type 2 diabetes in young and middle-aged women. JAMA. 2004;292:927-34.
53. Palmer JR, Boggs DA, Krishnan S, Hu FB, Singer M, Rosenberg L. Sugar-sweetened beverages and incidence of type 2 diabetes mellitus in African American women. Arch Intern Med. 2008;168:1487-92.
54. Malik VS, Schulze MB, Hu FB. Intake of sugar-sweetened beverages and weight gain: a systematic review. Am J Clin Nutr. 2006;84:274-88.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*