Percobaan Kimia Sederhana Reaksi Eksoterm Dan Reaksi Endoterm Yang Bisa Dilakukan Dalam Rumah

Mengenal reaksi kimia yang melepas dan menyerap energi panas pada saat reaksi bekerja.

Seperti yang saya katakan pada artikel sebelumnya pemahaman masyarakat umum tentang kimia itu suatu hal yang mengerikan, apalagi kalau sudah mendengar kata-kata percobaan kimia, saya yakin mereka akan ketakutan setengah mati jika itu dilakukan di dalam rumah. Namun hal itu adalah hal yang wajar mengingat apa yang masyarakat ketahui tentang kimia selalu berkaitan dengan Bom dan nuklir.

Namun untuk mengenal lebih dekat dengan kimia, kita bisa melakukan suatu percobaan sederhana kimia sendiri di dalam rumah. Tentunya ambil percobaan yang tidak berhubungan dengan reaksi ledakan, dan tetap harus menggunakan pakaian keamanan kerja dalam melakukan percobaan kimia. Jadi keamanan tidak bisa ditolerasi, it’s number one priority.

Untuk percobaan kimia sederhana yang dapat dilakukan dalam rumah pada kesempaatan kali ini adalah reaksi kimia Eksoterm dan Endoterm  yaitu reaksi kimia yang melepas dan menyerap energy panas pada saat reaksi bekerja.

Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
Sebelum melakukan percobaan dan mengenal peralatannya mari kita mengenal dulu kedua definisi reaksi tersebut:

  1. Reaksi eksoterm yaitu reaksi yang membebaskan kalor, kalor mengalir dari sistem ke lingkungan (terjadi penurunan entalpi), entalpi produk lebih kecil daripada entalpi pereaksi. Oleh karena itu, perubahan entalpinya bertanda negatif. Pada reaksi eksoterm umumnya suhu sistem menjadi naik, adanya kenaikan suhu inilah yang menyebabkan sistem melepas kalor ke lingkungan.
  • Reaksi eksoterm: DH = HP – HR < 0 atau DH = (-)
  1. Reaksi Endoterm yaitu reaksi yang memerlukan kalor, kalor mengalir dari lingkungan ke sistem (terjadi kenaikan entalpi), entalpi produk lebih besar daripada entalpi pereaksi. Oleh karena itu, perubahan entalpinya bertanda positif. Pada reaksi endoterm umumnya suhu sistem terjadi penurunan, adanya penurunan suhu inilah yang menyebabkan sistem menyerap kalor dari lingkungan.
  • Reaksi endoterm: DH = HP – HR > 0 atau DH = (+)

Kita melangkah ketahap selanjutnya yaitu peralatan yang diperlukan

Untuk menciptakan reaksi eksotermis, Anda akan perlu hidrogen peroksida (Anda bisa mendapatkan ini di toko-toko peralatan kecantikan), sabun cuci piring, ragi dan pewarna makanan. Campur sendok 1 sabun cuci piring, setengah cangkir hidrogen peroksida dan beberapa tetes pewarna makanan dalam mangkuk. Dalam mangkuk terpisah, aduk paket ragi dan 4 sendok air hangat dan biarkan campuran homogen selama 2 sampai 5 menit. Tuangkan campuran ragi ke dalam campuran hidrogen peroksida untuk memulai reaksi.

Untuk menciptakan reaksi endotermik Anda akan perlu baking soda dan cuka. Campur seperempat cangkir cuka dengan dua sendok baking soda.

Sebelum melakukannya mari kita simak video dibawah ini terlebih dahulu.

 Klik untuk menonton disini 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*